8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien

8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien

8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien - Kita sebagai manusia sangatlah perlu untuk menciptakan hubungan baik terhadap semua orang. Apalagi jika orang tersebut membantu kelancaran kita dalam berbisnis. Sehingga bisnis menjadi lancar dan menguntungkan. Untuk itu anda harus mempunyai sikap mudah akrab dengan mitra bisnis, namun, dari hubungan dengan mitra bisnis yang berbeda sering berkembang ke hubungan emosionil. Kalau tidak pintar membawa dan menjaga diri seringkali membuat anda terjebak masalah dengan mitra bisnis anda.

Bagi anda, menjalin hubungan baik dengan klien adalah prioritas utama dalam melakukan kerjasama bisnis. Karena dapat mempengaruhi kelangsungan bisnis anda. Kepuasan klien merupakan penghargaan tertinggi bagi anda. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalin hubungan baik tersebut.

8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien


1. Ajak mereka berbicara dan mendengarkan apa yang akan mereka tanyakan,
Anda harus mengetahui apa saja yang ia inginkan dan harapkan jika menjalin kerja sama ini. Anda harus memahami setiap perkataan klien, kritik dan sarannya yang akan memberikan perubahan positif bagi bisnis yang anda bangun. Ingat, bahwa pujian merupakan keunggulan dari bisnis anda dan kritik merupakan sarana untuk anda memikirkan ide baru untuk memajukan usaha anda dengan melakukan perbaikan-perbaikan dari kesalahan yang dikomplainkan.

2. Sportif dalam persaingan usaha
Dalam dunia bisnis anda akan selalu menghadapi banyak persaingan, anda bisa belajar mendalam mengenai keunggulan dan kekurangan produk yang dikeluarkan pesaing anda, jangan malah menjelek-jelekan dengan menyebarkan citra buruk mereka, tapi pelajari apa saja yang dimiliki pesaing anda dan jadikan hal tersebut untuk meningkatkan kualitas produk yang anda jual. Lakukanlah persaingan yang sehat.

3. Berkomunikasi via internet
Selalu ikuti perkembangan zaman, jika sekarang sudah banyak yang menggunakan fasilitas promosi di internet, maka anda perlu melakukannya juga. Karena dengan cara online bisnis anda akan mudah dikenal dan diketahui oleh siapa saja dari manapun. Update setiap hari informasi tentang bisnis anda, dan selalu lakukan komunikasi dengan klien secara online agar mudah. Chatting lewat facebook, whatsapp, twitter dan medsos lainnya tentu akan lebih menarik dan menyenangkan. Bicara dengan santai kepada klien anda anggap saja kalian sudah akrab, jadi mereka tidak akan sungkan mengatakan saran untuk kemajuan perusahaan anda.

[caption id="attachment_431" align="aligncenter" width="300"]8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien 8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien (Ilustrasi)[/caption]

4. Harus legowo, jangan mudah tersinggung
Lakukan terus pendekatan-pedekatan baik secara langsung maupun online dengan para klien. Jangan mudah tersinggung dengan perkataan dan perbuatan yang dilakukan klien. Dan janganlah berganti menyinggung perasaan klien anda. Karena klien biasanya suka bercerita dengan yang lainnya tentang fasilitas yang dia dapatkan dari anda. Jika anda membuatnya tersinggung maka, mereka akan menjelek-jelekan anda. Jika membuatnya senang terhadap pelayanan anda maka, mereka bisa menjadi sarana promosi yang hebat.

5. Tetap memberikan pelayanan terbaik walau sakit hati
Tetapi terkadang ada klien yang menyebalkan walau sudah diberikan pelayanan yang terbaik, tetap saja dia merasa kurang. Hal ini memerlukan tingkat kesabaran tinggi dalam menghadapinya. Janganlah anda terpancing amarah dan emosional dengannya. Tetap jaga diri dan bersikap baik dalam memperlakukannya. Janganlah melawannya, karena tipe klien seperti ini suka mencari-cari kesalahan dan suka menjelek-jelekan anda serta membandingkannya dengan pesaing anda. Layanilah sebaik mungkin buatlah dia merasa nyaman dan menghindari konflik dengan klien tersebut.

6. Jalin komunikasi berkesinambungan
Lakukan komunikasi setiap saat dengan klien anda baik ketika dia bekerja sama dengan anda maupun tidak. Dengan begitu anda akan tahu kelemahan dan kelebihan anda. Setelah itu lakukan perbaikan diri dan usaha yang anda bangun agar cepat berkembang. Jika komunikasi berjalan terus-menerus tentu akan mudah dalam membina hubungan yang baik dengan klien anda. Ketika bertemu dengan mereka tidak ada salahnya hanya untuk bertegur sapa. Dari keramahtamahan akan membuat seseorang senang dan merasa dirinya dihargai. Karena sikap itu dapat membuat mereka mempercayakan produk atau pekerjaannya terhadap anda.

7. Pahami karakter dan sifat-sifat klien
Menghadapi orang bisa jadi sangat sulit bagi anda, karena harus tahu karakter orang tersebut. Jika tidak paham maka akan terjadi konflik-konflik yang tidak diinginkan. Anda harus bisa mengahadapi berbagai macam sifat klien anda.
Selain usaha-usaha di atas anda juga harus berdoa kepada Tuhan, karena usaha tanpa doa tidaklah berarti apa-apa. Tuhanlah yang menentukan apa yang kita harapkan, jadi perbanyaklah ibadah kepadaNya.

8. Meminta maaf jika berbuat suatu kesalahan
Jika anda tidak sengaja atau sedikit berbuat kesalahan kepada rekan bisnis, haruslah segera diselesaikan dan langsung minta maaf. Menyelesaikan masalah dengan cepat adalah langkah terbaik. Jangan biarkan masalah berlarut-larut, rekan bisnis menyimpan uneg-uneg lalu meninggalkan anda dan beralih ke perusahaan lain. Hal yang menyangkut perasaan itu sangatlah sensitif, walau kelihatannya sepele tapi bisa saja berdampak besar.
Di era global ini memanglah sangat sulit menjaga kelangsungan bisnis anda. Banyak sekali pesaing-pesaing yang memiliki kemampuan mumpuni dalam berbisnis. Untuk itu anda harus selalu optimis, inovatif, dan kreatif agar bisnis anda bisa bersaing dengan yang lainnya.

Demikianlah artikel mengenai 8 Cara Menjalin Hubungan Baik Dengan Klien, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

Selain ilmu-ilmu yang didapatkan dari sekolah, sepertinya diperlukan bakat juga untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan klien.Terima kasih uttuk tipsnya, sebagai bahan instropeksi dan perbaikan cara berkomunikasi kedepan.

Balas
avatar
Career Line Network

Nice memang menjaga jalinan kerjasama dengan klien merupakan hubungan yang harus dipertahankan karena klien sudah seperti konsumen, jika mereka merasa puas dengan layanan kita sudah pasti dapat meningkatkan nilai persuhaan kita

www.careerln.com

Balas