7 Langkah Mengatasi Bau Kaki

7 Langkah Mengatasi Bau Kaki

7 Langkah Mengatasi Bau Kaki  - Bau kaki sangatlah mengganggu, apalagi saat kumpul bersama teman-teman yang mengharuskan kita membuka sepatu. Hal ini bisa memalukan diri sendiri, lalu kita akan merasa tidak percaya diri kemanapun pergi bersama-sama. Selain berpengaruh buruk pada diri sendiri bau kaki juga mengganggu orang lain. Misalnya pada saat sholat bersama, pengajian, bekerja, tentu akan mengganggu konsentrasi orang lain pada saat melakukan kegiatan bersama dengan kita.

Untuk itu, saya memberikan solusi tepat menghilangkan bau kaki dan cara pencegahannya. Namun, sebelum itu mari kita bahas dulu penyebab bau kaki.

Hal-hal yang bisa menyebabkan bau kaki adalah, sebagai berikut :


Penyebab utama bau kaki adalah karena pola hidup kita yang tidak bersih dan sehat. Bau kaki bisa muncul karena adanya keringat pada kaki dan bercampur dengan bakteri pada kulit. Sebenarnya keringat tidak berbau karena campuran air dan garam, yang berbau adalah bakteri pada kulit yang memakan keringat lalu mereka membuang kotoran yang menyebabkan bau tersebut. Keringat merupakan makanan bagi bakteri yang ada pada seluruh tubuh. Atau bisa juga ditimbulkan karena memakai kaos kaki atau sepatu yang masih basah.

Langkah-langkah dalam mengatasi bau kaki


Kalau sudah terlanjur bau kaki, bagaimana ya menanganinya? Tak perlu galau lagi memikirkannya, karena kami mempunyai langkah khusus untuk mengatasi bau kaki anda. yuk, simak :

  1. Kurangi jumlah bakteri pada kaki dengan sabun


Cara untuk mengurangi bakteri pada kaki adalah dengan menggunakan sabun anti bakteri. Cuci kaki anda sebelum mengenakan kaos kaki atau sepatu agar bakteri dan sisa keringat yang menempel pada kaki bisa hilang.

  1. Menggunakan deodorant


Walau sebenarnya deodorant digunakan untuk ketiak, tetapi tidak ada salahnya jika kita gunakan untuk kaki. Ternyata cara ini cukup ampuh menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada kaki.

[caption id="attachment_398" align="aligncenter" width="620"]7 Langkah Mengatasi Bau Kaki 7 Langkah Mengatasi Bau Kaki (Ilustrasi)[/caption]

  1. Menggunakan air perasan lemon


Air perasan lemon mungkin sangat disayangkan bila digunakan pada kaki. Tetapi bagaimana lagi dari pada baunya mengganggu aktivitas ya lebih baik gunakan cara ini saja. Rendam kaki anda selama 15 sampai 30 menit tiga kali sehari. Kenapa harus air perasan lemon? Karena dapat mengendalikan dan menjaga kaki anda dari kelembaban yang berlebih.

  1. Atasi bau kaki dengan teh


Selain kopi teh juga mampu menghilangkan bau kaki yang tidak sedap. Caranya adalah merendam kaki selama 15-30 menit lakukan 2-3 kali setiap harinya. Dijamin bau kaki pasti berkurang dan akan menjadi hilang.

  1. Potonglah kuku secara rutin


Kuku bisa saja menjadi akses bakteri untuk menempel pada kaki anda. Sehingga jika kuku anda panjang dan kotor akan menyebabkan adanya bakteri lalu bercampur dengan keringat dan muncullah bau kaki itu.

  1. Memakai kaos kaki dan sepatu yang bersih


Cuci secara rutin sepatu anda dan jaga agar tetap kering sehingga nyaman dikenakan dan bakteripun tak ada. Selain itu pakai juga kaos kaki yang bersih, usahakan untuk ganti setiap hari, apalagi pada saat mengeluarkan banyak keringat. Biasakanlah hidup bersih dan sehat.

  1. Jika ternyata sepatu yang bau, maka hal ini yang harus anda lakukan :


a        Kurangi bau dengan menggunakan kopi. Bukannya kopi itu untuk diminum? Tapi jika terpaksa gimana? Tentu tidak apa-apalah ternyata kopi cukup bagus menghilangkan bau pada kaki anda. caranya masukkan bubuk kopi dalam plastik silika lalu simpan dalam sepatu yang anda kenakan.

b        Bungkuslah sepatu anda dengan koran serapat mungkin lalu simpan pada tempat yang dingin semalaman. Kenapa koran? Karena kertas koran dapat menyerap bau yang ada di dalam sepatu anda.

c         Dengan soda kue. Pertama-tama keringkan sepatu anda, lalu ambil soda kue sebanyak satu sendok makan atau sebanyak ukuran sepatu kemudian taburkan di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Lalu besoknya hilangkan soda kue dengan vacum cleaner atau jika kesulitan tepuk-tepukkan kedua sepatu anda atau bisa juga menggunakan sikat gigi.

Cara mencegah bau kaki adalah :



  1. Mencuci kaos kaki dan sepatu secara rutin.

  2. Jangan memakai kaos kaki/ sepatu yang basah atau setengah basah.

  3. Ketika baru membeli sepatu, sebelum dikenakan sebaiknya sepatu tersebut ditaburi dengan bubuk kopi bagian dalamnya. Biarkan semalaman lalu bersihkan dan pakailah.

  4. Cucilah kaki anda sebelum dan sesudah mengenakan sepatu, lalu keringkan dulu dan barulah memakai kaos kaki dan sepatu.

  5. Jangan menyimpan kaos kaki dan sepatu pada tempat yang lembab atau basah.

  6. Keringkan dulu sepatu yang basah karena kehujanan atau belum kering saat dijemur.


Sudah jelas dan pahamkan? Bagaimana cara menghilangkan dan mengantisipasi adanya bau kaki. Semoga langkah-langkah ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar