14 Langkah Menghilangkan Stres

14 Langkah Menghilangkan Stres

14 Langkah Menghilangkan Stres  - Setiap yang hidup di dunia ini pasti bermasalah. Karena kita hidup bukan hanya sendirian tetapi dengan orang lain dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Cinta, harta, penghianatan, perceraian, dan lain-lain dapat membuat seseorang menjadi stress ketika menghadapinya. Jika dibiarkan berlanjut stres dapat merambah ke depresi lalu yang bisa mengganggu kesehatan tubuh dan otak.

Banyak orang beranggapan bahwa stress itu adalah gangguan jiwa yang merajuk ke gila. Padahal bukanlah seperti itu, stress merupakan rasa lelah, letih, bingung, was-was, galau, sulit berkonsentrasi dan fokus. Dengan keadaan pikiran yang seperti itu akan membuat anda terganggu dalam aktivitas sehari-hari.

Jika terganggu, aktivitas anda akan menghalau kemajuan diri dan kesuksesan yang sudah menunggu di depan mata. Misal : anda stress dengan hubungan cinta anda, akan membuat anda sulit berkonsentrasi sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, sehingga bos menjadi kurang suka dan bisa saja memecat atau menurunkan jabatan Anda.
Stres adalah puncak dari tekanan berbagai masalah yang sulit terselesaikan.

Stres bukan termasuk jenis penyakit, namun apabila terlalu lama membiarkannya dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh. Banyak orang ingin menghilangkan stres dengan terapi otak, olahraga, konsultasi ke dokter atau psikiater, meminum obat-obat kimia dan lain-lain.

Berikut ini kami sajikan langkah efektif untuk menghilangkan stres :

14 Langkah Menghilangkan Stres


1. Jangan menunda-nunda pekerjaan
Karena jika anda menunda pekerjaan, maka akan semakin menumpuk, sehingga akan bertambah banyak beban yang anda tanggung. Dengan kerjaan yang menumpuk akan membuat diri kita bingung untuk melakukan apa, memilih mana yang dikerjakan sehingga akan memicu stres.

2. Melakukan olah raga dan yoga secara teratur
Dengan begitu, otak dan tubuh akan selalu refresh dan jernih dalam memikirkan solusi dari persoalan yang terjadi. Dengan olahraga akan melenturkan otot-otot kaku dan memperlancar aliran darah. Selain itu, membuat pola tidur menjadi lebih baik dan nyenyak serta kesehatan tubuh akan menjadi lebih baik dan segar.

[caption id="attachment_405" align="aligncenter" width="640"]14 Langkah Menghilangkan Stres 14 Langkah Menghilangkan Stres (Ilustrasi)[/caption]

3. Melakukan olah napas
Dengan olah nafas akan menenangkan hati. Karena pada saat stres tubuh akan bernapas lebih cepat dari biasanya. Olah nafas dapat memaksimalkan fungsi paru-paru untuk mengambil banyak oksigen dari alam ke seluruh tubuh.

4. Lakukan pemijitan badan dan kepala
Jika ada waktu luang manjakan badan dengan memijat seluruh badan dan kepala. Dengan pijatan-pijatan akan membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi lancar. Sehingga semua organ dalam tubuh mendapatkan suplai darah yang tepat dan dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Selain itu dapat menghilangkan lelah dan rasa capek pada tubuh serta dapat tidur dengan nyenyak.

5. Berusaha tegas untuk berkata tidak
Mungkin diri anda susah menolak dan berkata tidak dalam kehidupan ini. Dan selalu beranggapan bahwa dengan menolak akan menyakiti hati orang lain. Tetapi jika anda tidak bisa berkata “tidak” akan berpengaruh buruk terhadap diri anda sendiri, karena anda memaksakan sesuatu yang sulit dilakukan pada waktu itu.

6. Melampiaskan perasaan dengan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan hati
Dengan mendengarkan musik, membaca komik, menulis, berolahraga, menonton video atau lainnya akan membuat tubuh merasa santai dan mengendorkan urat-urat syaraf yang tegang. Atau dengan melakukan hobi anda seperti berenang, memancing, olah raga laut atau yang lainnya.

7. Tidur dengan waktu yang cukup
Dengan tidur minimal delapan jam perhari dapat membuat tubuh segar dan siap untuk beraktivitas seharian. Karena jika tubuh masih merasa lelah akan memicu sulitnya konsentrasi dalam beraktivitas dan selanjutnya mengarah ke stres. Jika sedang bermasalah perhatikan waktu tidur anda sehingga mampu mengembalikan energi yang terkuras saat menghadapi permasalahan. Usahakan agar bagun pagi sehingga anda bisa menghirup udara segar. Tidur terlalu lama juga mempunyai dampak buruk bagi tubuh yaitu badan pegal, leher sulit digerakkan dan lainnya.

8. Selalu berpikir positif dalam segala hal
Kita tak perlu memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi karena akan memicu stres. Tetapi berpikirlah bahwa semua ini adalah pelajaran atau ujian. Jika anda berhasil menghadapi semuanya dengan baik, tentu bisa naik tingkat di hadapan Tuhan YME. Sehingga nantinya, Tuhan akan mengabulkan semua mimpi dan harapan kita setelah berhasil menghadapi permasalahan ini.

9. Tertawa dan tersenyum
Tertawa bisa menjadi terapi yang bisa menghilangkan stres. Untuk itu, ketika otak dan tubuh tegang, tonton video, film atau membaca cerita yang lucu. Agar merefreshkan pikiran anda.

10. Banyak meminum air putih
Air putih dapat membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan cairan sehingga melancarkan buang air yang bisa mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kita harus menjaga agar cairan tubuh bisa terpenuhi dengan baik, karena jika tidak akan membahayakan tubuh. Karena kekurangan cairan tubuh akan menjadi mudah lelah, letih, lemas, tidak fokus.

11. Jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi
Karena makanan berkabohidrat mengandung zat yang bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Yang bisa membuat tubuh mudah lelah dan badmood. Jadi perhatikan juga asupan gizi anda ketika stress melanda.

12. Jika sudah berumah tangga, lakukan hubungan intim secara teratur
Menurut penelitian para ahli kesehatan merupakan solusi yang bisa diandalkan untuk meredam amarah dan stress. Dengan menikmati kepuasan di tempat tidur akan membuat anda lupa pada masalah yang sedang dihadapi.

13. Selalu mensyukuri apa yang ada dalam diri sendiri dan menerimanya dengan senang hati
Dengan sadar bahwa semua ini adalah karena Tuhan, bukan karena kesalahan orang lain. Dengan begitu anda tidak akan memikirkan hal-hal yang rumit, pasti semuanya akan lebih mudah dan stres tidak akan terjadi.

14. Lebih dekat dengan Sang Pencipta Setelah bersyukur
Upayakanlah diri anda lebih dekat dengan Tuhan. Menambah ibadah, lakukan kegiatan amal dan selalu berdo’a serta pasrah kepadaNya. Lebih dekat kepada Tuhan akan membuat anda selalu teringat kepadaNya dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri, seperti kabur dari rumah, atau melakukan kejahatan. Pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi hambanya, bukan sebaliknya. Mungkin sekarang tidak, tapi nanti anda akan tahu yang sebenarnya.

Setiap orang ketika stress akan mengalami hal-hal yang berbeda-beda. Ada yang nafsu makannya bertambah, ada yang tidak mempunyai nafsu makan, ada yang mudah tidur dan ada juga kebalikannya. Yang terpenting bagaimana cara kita untuk move on dari stress ini. Dengan membaca dan mengikuti langkah-langkah di atas semoga dapat membantu anda mengendalikan stress yang dialami.

Menghilangkan stress lebih baik menggunakan cara alami yang tidak menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Kalau bisa jangan konsumsi obat-obatan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan anda, seperti kecanduan, gangguan pada organ hati, ginjal, dan lain-lain. Jika memang terpaksa, mintalah petunjuk dokter agar dosis dan kandungan obat tersebut tepat untuk tubuh anda.

Demikianlah artikel mengenai 14 Langkah Menghilangkan Stres , semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

thanks mas infonya, lengkap banget dan bisa langsung di praktekin inih....

Balas

Untuk seorang karyawan biasanya tekanan pekerjaan yang bisa menyebabkan stres, dikejar deadline, hubungan dengan rekan kerja dll, thanks untuk tipsnya yang bisa menyentuh semua kalangan dan 2 langkah terakhir sepertinya akan tetap menjadi kunci.

Balas