8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

8 Manfaat Timun untuk kesehatan – Selain digunakan sebagai lalapan, timun adalah buah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kulit dan rambut. Selain rendah kalori, timun memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Timun banyak dikonsumsi para penderita hipertensi karena timun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Bagi Anda yang sedang diet, timun dapat membantu memenuhi kebutuhan nutirisi dalam tubuh dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan airnya yang cukup tinggi.



Manfaat Timun Bagi Kesehatan


8 Manfaat Timun untuk Kesehatan:




  1. Timun memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi akan serat sehingga dapat digunakan sebagai obat bagi penderita sembelit kronis atau gangguan pencernaan lain yang disebaban detoksifikasi usus seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung. Enzim yang disebut Erepsin dalam timun juga membantu dalam pencernaan protein.




  2. Kandungan air yang cukup tinggi pada timun dapat membantu fungsi ginjal dengan cara memperlancar proses buang air kecil. Selain itu, timun sering digunakan sebagai obat yang berhubungan dengan penyakit kandung kemih. Timun sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal bagi para penderitanya.




  3. Biji timun bersifat anti inflamasi, sering digunakan pada pengobatan selaput lendir hidung dan tenggorokan. Selain itu, biji timun dipercaya dapat membantu mengeluarkan caring pita yang ada dalam saluran usus. Sifat anti inflamasi pada biji timun dapat mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan.




  4. Timun adalah sumber kalium atau potassium terbaik bagi tubuh. Senyawa elektrolit pada timun dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan dapat meminimalisir efek natrium pada tubuh. Timun dapat memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam timun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, timun memiliki kandungan antioksidan yang bertidak sebagai pembersih radikal bebas penyebab penuaan dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia.




  5. Kandungan lignan (lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresino) dapat mengurangi resiko kanker. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan lalu ini diubah menjadi enterolignans.




  6. Kandungan mangan dan serat dapat membantu menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Selain itu uap rebusan timun bisa dihirup sebagai pereda stres dan brguma untuk melemaskan otot.




  7. Kandungan air yang tinggi dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan membantu proses pembuangan limbah (proses pencernaan).




  8. Vitamin K dan silika dalam timun membantu memperkuat tulang, memperkuat jaringan ikat dan menjaga kesehatan sendi




[caption id="attachment_369" align="aligncenter" width="760"]Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan 8 Manfaat Timun Bagi Kesehatan (ilustrasi)[/caption]

Selain timun, mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih sehat.


Demikianlah 8 manfaat timun bagi kesehatan, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

ternyata timun mengandung kalium dan potasium ...baru tahu saya... keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Balas

Mari kita sering-sering makan timun, dan rasakan manfaatnya.

Balas