Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah merupakan tempat kita beristirahat dan berktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kebersihan rumah patut dijaga agar seluruh anggota keluarga tetap sehat. Ada pepatah mengatakan bahwa rumah mencerminkan penghuninya sehingga jika rumah kita bersih maka sudah dipastikan penghuninya akan sehat dan mencerminkan si penghuni rumah rajin. Namun, terkadang kita kesulitan untuk menjaga kebersihan bahkan tak jarang dilanda rasa malas.

Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah?



  1. Bersihkan kotoran dengan segera. Hidari kata “nanti” karena jika ditunda pasti kita akan dilanda rasa malas.

  2. Hindari menunda pekerjan. Misalnya saja, bersihkan piring saat anda memasak sehingga dapat menghemat waktu dan mencegah terjadinya tumpukan piring setelah makan.

  3. Luangkan waktu paling tidak 15 menit sehari untuk membersihkan rumah. Jika anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah makabersihkanlah bagian yang mudah kotor seperti dapur dan kamar mandi.

  4. Jangan ragu untuk melibatkan seluruh anggota keluarga. Buatlah daftar to do list yang harus dikerjakan oleh masing-masing anggota keluarga. Tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Bahkan bayi yang berusia 6 bulan dapat anda biasakan untuk meletakkan mainannya ke dalam kotak mainan. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga akan memiliki rasa tanggung jawab bahkan akan saling membantu satu sama lain.

  5. Saat membuka kulkas, cobalah membuang makanan yang telah kadaluarsa ataupun yang tidak terpakai lagi.

  6. Saat membuang sampah, jangan lupa untuk menyemprotkan cairan pemutih agar bau sampah dapat berkurang dan serangga juga tidak datang.

  7. Jika toilet Nampak kotor segera bersihkan agar tidak menjadi kerak sehingga lebih sulit untuk dibersihkan. Begitu juga dengan cermin. Bersihkan setiap hari agar kotoran tidak menumpuk dan sulit dibersihkan.

  8. Bersihkan rumah dari barang yang tidak terpakai seperti buku bekas, pakaian, dan sebagainya. anda dapat meletakkannya dalam sebuah kotak dan menyumbangkannya.


[caption id="attachment_289" align="aligncenter" width="540"]Tips Menjaga Kebersihan Rumah Tips Menjaga Kebersihan Rumah (Ilustrasi)[/caption]

Itulah beberapa cara untuk membersihkan rumah. Jika anda memiliki uang lebih, anda dapat membayar seseorang untuk membantu pekerjaan rumah namun, ada baiknya anda tetap memberikan tanggung jawab kepada masing-masing anggota keluarga untuk melakukan tugasnya masing-masing .
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar