Tips Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Bahan Dapur

Tips Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Bahan Dapur

Ladies, apakah selama ini anda membersihkan peralatan dapur anda dengan gosokan? Gosokan keras sebenarnya bukanlah solusi untuk masalah peralatan dapur yang kotor. Gosokan keras justru akan membuat peralatan dapur lebih cepat rusak. Lebih baik anda menggunakan bahan dapur ini





  1. Kulit Lemon




Jika anda menggunakan lemon untuk memasak, janganlah buang kulitnya. Gunakan kulit lemon tersebut untuk membersihkan talenan. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan menaburi garam pada talenan, gosok menggunakan kulit lemon tadi. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.





  1. Cuka




Cuka bermanfaat untuk membersihkan noda kopi atau teh yang sering menempel pada cangkir. Cukup dengan melumuri cangkir dengan cuka, lalu diamkan selama 15 menit dan gunakan kain bersih untuk membersihkannya. Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan talenan kayu dari bakteri penyebab jamur dan bau. Lumuri talenan kayu dengan cuka, diamkan selama 15 menit lalu cuci hingga bersih dan jemurlah.





  1. Baking Soda




Baking soda berguna untuk membersihkan wadah plastik. Rendamlah wadah plastik ke dalam campuran air dengan 4 sendok baking soda. Diamkan 15 menit, lalu bilas dan keringkan. Jika anda memiliki wastafel berbahan stainless steel, bersihkan juga menggunakan baking soda dengan menggosokkan kain yang dibasahi larutan baking soda. Setelah itu bilas dan keringkan.





  1. Teh Hitam




Teh hitam merupakan solusi untuk pealatan dapur yang berkarat. Caranya cukup mudah yaitu dengan merendam peralatan dapur yang berkarat ke dalam air seduhan teh hitam yang pekat. Lakukan proses perendaman selama beberapa jam lalu luruhkan kerak dengan kain bersih.




[caption id="attachment_292" align="aligncenter" width="640"]Tips Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Bahan Dapur Tips Membersihkan Peralatan Dapur Dengan Bahan Dapur (Ilustrasi)[/caption]

Itulah beberapa bahan dapur yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan dapur. Anda tidak perlu menggunakan zat kimia untuk membersihkannya. Agar peralatan dapur anda tahan lama, hindari menggunakan gosokan kasar untuk membersihkannya. Sebaiknya gunakan talenan yang berbeda untuk daging dan buah agar tidak terjadi kontaminasi bakteri. Pastikan juga anda mencuci peralatan anti lengket dalam kondisi dingin agar lapisan anti lengketnya tidak mengelupas. Untuk menghidari bercak puth yang sering terjadi pada peralatan plastik, segera keringkan peralatan plastik yang telah dicuci.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar