Lima Serangga Paling Aneh di Australia

Lima Serangga Paling Aneh di Australia

Tahukah Anda siapa pelari tercepat di dunia? Bukan Usain Bolt, ternyata, tapi sejenis serangga Australia.

Tiger beetle Australia

Cheetah diketahui sebagai binatang darat tercepat di dunia, tapi kalau ukuran tubuh dipertimbangkan, masih kalah dengan serangga tiger beetle Australia.

Tiger beetle bergerak dengan kecepatan hanya 9 km per jam, tapi kalau diperhatikan seberapa cepat kakinya yang kecil bergerak, kita menjadi paham mengapa serangga ini diakui sebagai pelari tercepat.

Kalau ukurannya diperbesar menjadi seperti manusia, tiger beetle akan mampu berlari 770 km per jam, lebih dari 20 kali pelari Olimpiade Usain Bolt.

Entomologis Dr Graham Brown mengatakan, serangga ini pemburu sifatnya dan alam memberinya kecepatan sedemikian rupa sehingga mereka dapat menangkap serangga lainnya.

"Mereka memangsa serangga lainnya jadi perlu kecepatan untuk bisa menangkap mangsanya," jelas Dr Graham Brown.

Tiger beetle hanya satu dari serangga-serangga aneh di Wilayah Utara Australia.

[caption id="attachment_322" align="aligncenter" width="526"]Tiger beetle Australia Tiger beetle (Foto: Morgan Talbot)[/caption]

Giant fish killer

Serangga berukuran 10 cm ini hidup di air, memangsa ikan, kecebong dan binatang air lainnya.

Giant fish killer, yang penampilannya seperti kecoa yang diberi steroid, mempunyai dua cangkang besar dan mulut seperti paruh yang digunakannya untuk menangkan ikan.

"Pada dasarnya mereka menunggu dibawah permukaan air, diantara rumput. Ketika seekor ikan atau kecebong lewat, dengan tiba-tiba giant fish killer itu menangkapnya, menyerang dengan cangkang dan mulutnya dan menyedotnya," kata Dr Brown.

Giant fish killer dapat ditemui di seluruh Wilayah Utara Australia, tapi mereka tidak dapat membedakan genangan air di lapangan parkir dan sungai, jadi seringkali mereka terlihat di pinggiran jalan sehabis hujan.



Bird eating spider

Laba-laba terbesar Australia adalah pemakan burung, dan merupakan jenis serangga yang menakutkan.

Sesuai dengan namanya, laba-laba ini kadang menangkap burung kecil untuk dimakan, dan merupakan salah-satu dari beberapa laba-laba agresif yang ditemui di Wilayah Utara Australia.

Dengan kaki yang dapat mencapai 16 cm, laba-laba ini mempunyai bisa yang mampu membunuh seekor anjing atau membuat orang menjadi sakit dan cenderung hidup di dalam liang di tanah daripada di jaringan laba-laba yang mudah terlihat.

Laba-laba ini kadang disebut barking spider atau whistling spider. Kita mungkin mendengar suaranya sebelum melihatnya.

Mereka biasanya suka diam di dalam liang mereka, yang dalamnya mencapai satu meter, tapi kadang keluar waktu hujan lebat.

Selain burung, mereka juga makan katak, kecebong dan serangga besar.



Atlas moth

Atlas moth adalah ngengat terbesar kedua Australia, ukurannya sebesar piring makan. Anda tidak akan lupa kalau sudah pernah melihatnya.

Dengan sayap lebar berbintik coklat kemerahan, atlas moth dulu pernah ada di Darwin, tapi punah disana beberapa puluh tahun lalu.

Ngengat ini kini hanya didapati di beberapa tempat di Wilayah Utara dan di Kimberley di Australia Barat.

Selain cantik sekali untuk dilihat di beberapa bagian dunia, atlas moth juga menghasilkan sutra, sedangkan di Taiwan kepompong mereka dibuat dompet.



Goliath stick insect

Salah-satu serangga terpanjang di dunia adalah goliath stick insect, tapi jarang terlihat kecuali kalau anda senang memanjat pohon atau anda sesekali melihatnya jatuh ke tanah.

Dengan warna hijau terang, serangga ini berbaur dengan alam sekelilingnya dan biasanya ditemukan tergantung diatas pohon akasia.

Serangga ini mempunyai cakar panjang dan dapat mencapai satu kaki, dan meskipun dapat menggigit, mereka tidak berbahaya bagi manusia. Mereka lebih suka mengunyah daun-daunan.

"Mereka pemakan daun," jelas Dr Brown.

Dikatakan, mereka mungkin dapat menggigit tapi hanya menggigit kalau ketakutan. Serangga ini tidak berbahaya.



(Sumber: Radio Australia)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar