Cara Mengajari Anak Matematika

Cara Mengajari Anak Matematika

Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disukai oleh sebagian anak-anak. Tak jarang orang tua pun dilanda rasa malas untuk mengajari matematika. Padahal, pelajaran matematika sangat penting lho bunda untuk masa depannya. Tak ada salahnya anda turun tangan sendiri untuk mengajarinya. Selain ia bertambah pintar, anda pun akan semakin akrab dengannya. Namun, mengajari si kecil untuk berhitung bukanlah hal yang mudah. Ada baiknya si kecil diajari dengan cara yang menyenangkan.

Bagaimana caranya Mengajari Anak Matematika yang menyenangkan?



  1. Gunakan ilmu matematika dalam sehari-hari


Agar terasa amenyenangkan, gunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat anda membelikannya permen. Cobalah minta ia menjumlah atau mengurangi permennya.

  1. Manfaatkan jari tangan dan kaki sebagai alat berhitung


    [caption id="attachment_1584" align="aligncenter" width="635"]Metode mengajar matematika yang menarik Metode mengajar matematika yang menarik (Ilustrasi/pixabay)[/caption]


Cara paling umum yang digunakan untuk berhitung adalah menggunakan tangan dan kaki untuk berhitung. Ajarkan ia berhitung dari satu hingga sepuluh. Setelah ia mahir menghitung menggunakan jari, cobalah beralih ke benda lainnya misalnya mainan, buah-buahan, dan benda lainnya.


  1. Bertahap




Ajari anak berhitung secara bertahap. Ajari ia mengenal angka terlebih dahulu barulah dilanjutkan ke penjumlahan maupun pengurangan. Jika si kecil sudah benar-benar mahir,lanjutkan ke tahap yang sedikit lebih sulit yaitu perkalian maupun pembagian.


  1. Permainan




Anak akan senang bila belajar sembari bermain. Ia tidak akan cepat bosan karena proses belajar dilakukan dengan bermain. Cobalah ajak ia bermain dengan lego atau anda bisa membuat lingkaran warna yang berisi jawaban pertanyaan anda. mintalah ia untuk memilih jawaban yang tepat. Anda juga dapat melakukan permainan lainnya seperti tebak angka, tebak nomor, maupun permainan lain yang anda rancang sendiri.

Itulah beberapa cara yang menyenangkan untuk mengajari anak matematika. Kunci dari mengajari anak berhitung adalah sabar dan telaten. Lakukan proses pembelajaran setiap hari agar anak tidak mudah lupa dan janganlah mudah marah jika ia belum mengerti. Jika si kecil telah beranjak dewasa dan anda benar-benar tidak paham dengan pelajaran matematika yang semakin sulit, anda bisa membayar guru privat untuk anak anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

saya mau belajar pembagian dengan perkalian

Balas