Penyebab Dan Solusi Bad Mood Bagi Remaja

Penyebab Dan Solusi Bad Mood Bagi Remaja

Anda berada dalam suasana hati yang buruk? Sering mendramatisir situasi dengan membanting pintu, atau mungkin memukul dinding dengan kepalan tangan hanya untuk meyakinkan bahwa Anda merasa gila.

Ya, kita semua pernah mengalaminya. Kita semua pernah merasa rewel, mudah tersinggung, dan mudah marah, kadang-kadang tanpa alasan yang jelas. Suasana hati yang buruk adalah bagian dari hidup. Dan itu wajar bagi para remaja. Namun, suasana hati yang buruk secara terus-menerus sangat tidak sehat untuk Anda atau bahkan untuk orang di sekitar Anda.

Apa Penyebab Bad Mood?


Bagi banyak remaja, mungkin berurusan dengan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah jadi penyebabnya. Seperti dikatakan seorang gadis: "Orang tua saya mengharapkan saya mendapat nilai yang bagus dalam bidang olahraga, sementara saya ingin terlihat cantik dan menjadi seorang Model."

Ya, memang sulit untuk menjadi sempurna, karena memang manusia tidak sempurna. Kebanyakan remaja ingin mandiri, sementara mereka masih bergantung pada keluarga mereka. Mereka ingin diperlakukan seperti orang dewasa, tapi kadang-kadang mereka masih merasa seperti anak-anak kecil. Remaja berada dalam transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, dan semua perubahan serta tanggung jawab sering dibebankan secara berlebihan. Penyebab lain dari bad mood adalah masa pubertas. Tidak hanya hormon yang melonjak-lonjak saat puberitas yang menyebabkan perubahan fisik, tetapi itu juga bisa membuat mood Anda buruk. Perubahan suasana hati ini dapat membingungkan dan menakutkan, baik untuk remaja itu sendiri maupun bagi orang  di sekitarnya.

[caption id="attachment_239" align="aligncenter" width="368"]Penyebab Dan Solusi Bad Mood Bagi Remaja Penyebab Dan Solusi Bad Mood Bagi Remaja (Ilustrasi)[/caption]

Bagaimana Solusi bad mood?


Suasana hati yang buruk tidak hanya merusak hari Anda, tapi juga berpotensi dapat merusak kehidupan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk remaja yang sedang mengalami bad mood:

  • Coba pikirkan tentang seseorang yang menjadi inspirasi Anda.

  • Hentikan perasaan buruk dengan mengingat orang yang peduli dan telah melakukan hal-hal baik untuk Anda.

  • Mendengarkan musik upbeat dan yang mampu memberi semangat. Biarkan musik menenangkan Anda.

  • Sadarilah bahwa Anda tidak sendirian. Hampir setiap remaja memiliki perubahan mood yang cepat. Berbicara dengan seorang teman bisa membantu Anda.

  • Jangan memendam perasaan Anda terlalu lama, sebab akan membuat masalah tampak jauh lebih buruk.

  • Keluarlah, berjalan-jalan, entah itu naik sepeda atau apa pun, kunjungi tempat-tempat bernuansa alam dan ambil napas dalam-dalam kemudian menikmati udara segarnya.

  • Atur dengan baik jam tidur Anda. Waktu tidur yang baik adalah antara jam 9 malam sampai jam 5 pagi. Kelelahan dapat menyebabkan Anda mudah marah, dan sangat mengurangi kemampuan dalam mengatasi suasana hati.

  • Menangislah! Ya, menangis! Kadang-kadang, menangis sejadi-jadinya membuat Anda merasa lebih baik.

  • Namun perlu diingat jika perasaan sedih, marah, bosan, atau keputusasaan sering terjadi berulang-ulang, Anda perlu bantuan dari seorang Dokter.


Demikianlah artikel mengenai Penyebab Dan Solusi Bad Mood Bagi Remaja, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

avatar
YobertParai

saya malah kalau bad mood jadi sering marah, biasanya cuma makan coklat aja :D

Balas

ini aku banget nih. anaknya sering bad mood
biasanya kalau bad mood aku melakukan jalan-jalan, browsing, shopping
nice info nih

Balas