Cara mengatasi nyeri lutut dengan 5 Olahraga ini

Cara mengatasi nyeri lutut dengan 5 Olahraga ini

Nyeri lutut merupakan masalah yang sering dialami setiap orang terutama pada saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Melakukan pekerjaan berat yang banyak melibatkan pergerakan sendi lutut adalah faktor yang kerap menjadi penyebab nyeri lutut. Pada saat melakukan olahraga seperti lari atau jogging, lutut juga menjadi tumpuan beban tubuh sehingga rentan mengalami cedera yang berujung pada nyeri lutut.

Nyeri lutut adalah salah satu jenis nyeri sendi umum yang sering terjadi pada setiap kelompok usia dan genre. Secara umum penyebab nyeri lutut adalah cedera, kecelakaan, atau arthritis. nyeri lutut juga dapat terjadi karena kandungan kalsium dalam tulang yang rendah dan tekanan berlebih pada lutut.

Cara Mengatasi Nyeri Lutut


Seseorang yang mengalami nyeri lutut biasanya merasakan gejala utama berupa bengkak, nyeri dan kaku. Karena bisa saja menyakitkan, maka ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Obat penghilang rasa sakit dan gel anti nyeri atau krim dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Ada juga beberapa solusi sederhana untuk nyeri lutut yaitu dengan melakukan olahraga, pijat, dan penggunaan penghilang rasa sakit alami buatan sendiri.

Namun, hanya karena Anda sering didera nyeri sendi, bukan berarti Anda menyerah begitu saja dan tidak berolahraga, apalagi jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Latihan untuk menurunkan berat badan masih dapat Anda lakukan sekalipun nyeri lutut sedang mengganggu Anda.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisa tetap berlatih saat nyeri lutut menyerang:
Latihan Aerobik dalam Air
Ikutilah latihan aerobik dalam air, seperti berenang, untuk membakar lebih banyak kalori. Menurut Dr. Andrew J. Cole dari University of Washington, air mampu meringankan tubuh Anda hingga 90% dari total berat Anda, tergantung dari seberapa banyak tubuh Anda yang terendam pada saat latihan. Dengan berkurangnya beban tubuh Anda dalam air, berarti akan mengurangi beban yang ditumpu oleh sendi lutut Anda.

Yoga
Yoga adalah jawaban bagi banyak masalah kesehatan. Yoga dapat mengobati setiap jenis rasa sakit dan menjaga jantung dan otak tetap sehat. Yoga pun baik untuk nyeri lutut. Ada beberapa pose yoga yang dapat memperkuat otot-otot lutut. Latihan Yoga juga meningkatkan fleksibilitas otot lutut dan sangat baik untuk menghilangkan nyeri.

Sepeda Stasioner
Berlatihlah menggunakan sepeda stasioner. Kursi pada sepeda stasioner dapat membantu mengurangi beban tubuh Anda, sedangkan gerakan melingkar dari pedal dapat mengurangi risiko nyeri pada lutut Anda. Tingkatkan intensitas latihan dengan mengatur resistensi pada pedal atau dengan meningkatkan kecepatan Anda. Agar lebih aman, gunakan semi-recumbent bike untuk membantu tumpuan punggung Anda, karena sepeda jenis ini memiliki sandaran yang mirip seperti kursi pada umumnya.

Jalan Kaki
Jaga kecepatan Anda saat melakukan jalan cepat, baik di jalan maupun di treadmill. Semakin cepat Anda berjalan, semakin berat pula tumpuan beban pada lutut Anda. Jalan kaki membakar kalori sama dengan kalori yang Anda bakar ketika jogging. Namun, jalan kaki relatif lebih aman karena tumpuan beban pada lutut tidak terlalu berat. Jika memungkinkan, gunakanlah treadmill. Treadmill memiliki permukaan pijakan yang lebih rata dan nyaman sehingga baik untuk mengurangi risiko nyeri lutut Anda.

[caption id="attachment_233" align="alignnone" width="635"]Cara mengatasi nyeri lutut dengan 5 Olahraga ini Cara mengatasi nyeri lutut dengan 5 Olahraga ini (Ilustrasi/Thinkstock)[/caption]

Elliptical Trainer
Gunakan elliptical trainer saat Anda berlatih. Gerakan tangan pada elliptical trainer memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan ski, sedangkan untuk gerakan kaki pada elliptical trainer, hampir menyerupai gerakan pada sepeda stasioner, yaitu gerakan melingkar. Gerakan melingkar ini dapat mengurangi beban yang bertumpu pada lutut Anda. Dengan kedua tangan dan kaki aktif bergerak, makan latihan ini dapat membakar kalori lebih banyak dan aman untuk sendi lutut Anda.

Tingkatkan Asupan Kalsium
Nyeri lutut umumnya terjadi karena kandungan kalsium yang kurang. Bila kandungan kalsium dalam tulang kurang, tulang menjadi lemah. Mulailah memakan makan tinggi kalsium untuk memperkuat tulang. Ada banyak suplemen kalsium yang tersedia yang dapat digunakan. Produk susu, ikan dan makanan kaya kalsium lainnya perlu dikonsumsi secara teratur. Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk nyeri lutut atau nyeri sendi lainnya. (DuniaFitnes.com)

Demikianlah artikel mengenai Cara mengatasi nyeri lutut dengan 5 Olahraga ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

yang paling mudah adalah dengan jalan kaki....

Balas

Cara paling mudah dilakukin dan sering itu ya jalan kaki :D

Balas

Pilih jalan kaki aja deh soalnya gratis en ngga ribet. Heheh

Balas