TPS terpanjang di Indonesia raih rekor MURI

TPS terpanjang di Indonesia raih rekor MURI

Sudahkah Anda menyalurkan hak pilih Anda pada Pileg hari ini? Bagaimana dengan TPS tempat Anda mencoblos? Ramaikah? Antikah? Beragam cara dilakoni warga Indonesia untuk menyambut Pemilihan Legislatif (Pileg) yang diselenggarakan pada hari Rabu (9/4/2014). Ada yang menghiasi lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan barang bekas, ada pula yang menghabiskan dananya hingga ratusan juta rupiah.

Namun ada warga di Jakarta Utara yang mendirikan TPS hingga mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Adalah daerah Tanah Merah RW 07 Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara yang mendapatkan predikat sebagai TPS yang unik.

Betapa tidak? Sebab warga setempat mendirikan TPS dengan panjang 140 meter di Jalan Perjuangan Tanah Merah RW 07, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Hal ini diyakini MURI merupakan TPS terpanjang di Indonesia. Penghargaan MURI ini didapat warga sekitar usai pencoblosan, yakni Selasa (8/4) siang.

Achmad Fauzi (37) Wakil Ketua RW 07 mengatakan, TPS ini merupakan hasil gabungan dari 14 TPS, yakni dari 60 sampai 74. Adapun jumlah bilik suara yang disediakan sebanyak 56 bilik. Fauzi menjelaskan, puluhan bilik tersebut nantinya akan dipasang berjejer sesuai nomor urut TPS dari terkecil hingga terbesar.

Menurut Fauzi, maksud dari dibentuknya TPS terpanjang ini untuk mempermudah para warganya memenuhi hak pilih. Mengingat pemilu yang sebelumnya, jumlah TPS di wilayah Tanah Merah berjumlah 14 dan berada di lokasi berjauhan.

"Kalau pemilu sebelumnya banyak warga yang nyoblos tidak berdekatan dan tempatnya terpisah-terpisah dengan keluarganya. Maka dari itu untuk mempermudah warga kita satukan saja TPS nya," kata Fauzi pada Selasa (8/4/2014).

Fauzi menambahkan, selain mempermudah warga untuk memenuhi hak pilihnya, cara ini juga dianggap menyatukan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar warga. "Dengan begini kita juga bisa mengajak warga supaya tidak golput (golongan putih) dan memilih pemimpin yang diyakininya," kata Fauzi.

[caption id="attachment_199" align="alignnone" width="630"]TPS terpanjang di Indonesia raih rekor MURI TPS terpanjang di Indonesia raih rekor MURI[/caption]

Dikatakannya, untuk membangun TPS terpanjang ini pihaknya menghabiskan dana sekitar Rp 21 juta. Namun pihaknya mendapatkan suntikan dana dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebesar Rp 500.000 per TPS. "Karena ada 14 TPS jadi kami dapat bantuan dari KPUD sebesar Rp 7 juta. Lalu sisanya Rp 14 juta hasil swadaya masyarakat," ujar Fauzi.

Fauzi menjelaskan, di RW 07 terdiri dari 22 RT dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 3.150. Namun Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat sekitar 5.000 orang. "Di sini kita ada 7 Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KKPS) dan dua petugas keamanan," kata Fauzi.

Sementara itu, Suaib selaku Ketua RW 07 menambahkan proses untuk mendapatkan penghargaan dari MURI ini, pihaknya membutuhkan waktu selama sebulan. Hal itu, setelah mendapatkan rekomendasi yang dikeluarkan KPU sebagai persyaratannya. "Habis nyoblos, besok kita langsung diberikan penghargaan dari MURI," kata Suaib. (TribunNews.com)

Demikianlah TPS terpanjang di Indonesia raih rekor MURI, apakah Anda punya pengalaman unik seputar Pileg pagi/siang tadi? Share di sini ya
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 komentar

Wow.. Kenapa ngga dipecah jadi beberapa TPS aja ya?

Balas
avatar
Summase iGaligo

Mungkin sudah diancang-ancang biar masuk rekor MURI

Balas

wah ada-ada aja ya TPS malah dibikin rekor muri hehehe :D
semoga aja pemilu nya makin lancar dan angka golput jadi turun, serta bisa terpilih para wakil rakyat yang amanah :)

Balas