Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Darah Hari Ini 15 April 2014

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Darah Hari Ini 15 April 2014

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, maka tidak setiap oposisi bulan dengan Matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi padanode tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana Matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara Matahari dengan bumi.

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar Matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat.

Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

Ketika gerhana bulan sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf).

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Darah Hari Ini 15 April 2014

Jangan lewatkan fenomena alam di bulan April 2014 ini. Pada 15 April hari ini, sebentar lagi akan ada gerhana bulan total dengan lama sekitar 5 jam 43 menit.

Akan tetapi tak semua fase gerhana bisa dilihat. Sayangnya gerhana juga hanya bisa dilihat di Indonesia bagian tengah dan bagian timur saja. Warga di Tengah dan Timur Indonesia pun cuma bisa mengamati bagian akhir dari proses gerhana bulan tersebut.

"Gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 15 April 2014 dapat diamati dari Indonesia bagian tengah dan timur pada tahap akhir fase gerhana," ujar Sub Bidang Gravitasi dan Tanda Waktu BMKG, seperti dilansir dalam web resmi BMKG, Senin (14/4/2014).

Fase akhir gerhana itu terjadi pada pukul 15.24 WIB hingga 17.39 WIB sehingga fase akhir gerhana itu bersamaan dengan waktu terbit bulan. Warga di Papua dan sebagian besar Maluku bagian Timur akan mendapati bulan sedang berada dalam fase gerhana bulan sebagian pada saat bulan terbit. Untuk selanjutnya warga di daerah ini akan bisa mengamati gerhana hingga selesai.

Sementara warga di Maluku bagian Barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, sebagian besar Kalimantan bagian timur dan Jawa bagian timur akan mendapati bulan berada dalam fase gerhana bulan penumbra hingga berakhirnya gerhana ini pada pukul 17.39 WIB.

Adapun warga di Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera tidak dapat mengamati gerhana bulan total 15 April 2014. Ini mengingat proses gerhana sudah berakhir pada saat bulan terbit di wilayah tersebut.

Fase awal gerhana bulan total itu memang tak dapat diamati di Indonesia karena proses awal gerhana berlangsung saat bulan di wilayah Indonesia belum terbit yakni pukul 11.52 WIB hingga puncaknya pukul 14.45 WIB.

Menurut Wakil Presiden Masyarakat Astronomi Kanada Colin Haig, gerhana bulan 'darah' total kali ini akan sangat fenomenal. Berbeda daripada yang lain. "Ini akan sangat penting bagi kita. Sangat dramatis," kata Colin, seperti dikutip dari CBC.

Gerhana diperkirakan terjadi 4 kali selama 2014 yaitu gerhana bulan total pada 15 April, gerhana matahari cincin pada 29 April, gerhana bulan total pada 8 Oktober dan gerhana matahari sebagian pada 23 Oktober 2014.

[caption id="attachment_214" align="alignnone" width="670"]Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Darah Hari Ini Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Darah Hari Ini (ilustrasi)[/caption]

Tentang Blood Red Moon

Blood Red Moon dipopulerkan oleh dua pendeta Kristen , Mark Blitz dan John Hagee. Mereka menggunakan istilah Bulan Darah untuk diterapkan pada bulan purnama dari rangkaian gerhana bulan merah yang akan mengiringinya. Sementara menurut para astronom hal ini penyebutan tersebut diggunakan sebagai sebagai nama alternatif untuk Hunter’s Moon. Bulan purnama yang mengikuti Harvest Moon, yang biasanya muncul pada akhir Oktober. Hunter’s Moon / Blood Red Moon terjadi saat Bulan melewati bayangan Bumi. Bayangan Bumi terdiri dari dua bagian: sebuah inti gelap disebut “umbra,” dan bagian luar yang lebih terang disebut “penumbra. Alih-alih gelap total, bayangan inti biasanya menjadi oranye atau merah oleh cahaya yang melewati cincin atmosfer yang mengelilingi Bumi. Tergantung bagaimana kondisi atmosfer Bumi yang dilewati cahaya Matahari, umbra bisa berwarna dari terang tembaga-merah-hingga hampir hitam total.

Demikianlah informasi mengenai Gerhana Bulan Darah yang akan terjadi sebentar lagi Hari Ini 15 April 2014. Jangan lupa dishare foto-fotonya ya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

13 komentar

tidak boleh dilewatkan nich gan... soalnya jarang banget tejadinya.. thanks infonya

Balas

terimakasih informasi lengkap tentang Gerhana Bulan pada hari ini jam 15.25 - 17, kami sedang mulai bersiap untuk mengamati gerhananya lewat pengamat matahari yang ada di Lembang.

Balas

Wuih dari judulnya udah serem, jadi penasaran neh...

Balas

berarti malam ini ada gerhana bulan darah ya mas, negri juga namanya. tapi di kota saya kebetulan hujan terus pada tanggal 15 ini, jadi ga bisa liat secara langsung.

Balas
avatar
YobertParai

tempat saya mendung Mas, apa bisa keliatan gk ya?

Balas

Ngga sempat liat tadi malem :(

Balas
avatar
Summase iGaligo

sama Mbak, di sini juga mendung terus

Balas
avatar
Summase iGaligo

sama mas, gak kelihatan

Balas

gk ada postingan baru ya Sob, kok kemarin ada ya? apa sudah di hapus?

Balas
avatar
Summase iGaligo

He2x, iya sob, lagi membersihkan blog2ku yang ikut program adsense, dari artikel2 yang rawan pelanggaran TOS

Balas

sayang sekali, saya tidak sempat melihat moment langka ini....padahal saya sudah menunggunya untuk bisa melihat dan mengabadikan gerhana bulan darah ini....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

wah, sudah lewat ya sekarang ...

Balas

walah ketinggalan info nih saya ;/

Balas