12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi yang kuning sering kali menjadi penyebab seseorang minder dan susah dalam bergaul, selain itu gigi yang kuning juga menandakan bahwa gigi tersebut tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan anggota tubuh lainnya seperti mulut dan gusi.

Maka dari itu jika anda adalah mengalami gangguan kesehatan pada gigi maka Anda wajib membaca artikel ini.

Masalah gigi kuning tentu bukan hal sepele dan jangan sampai dibiarkan, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan di kemudian hari. Di zaman serba praktis dan instan seperti saat ini, telah banyak orang memilih cara cepat untuk memutihkan gigi dengan menggunakan pemutih gigi yang telah banyak beredar, bahkan hingga menggunakan laser untuk memutihkan gigi. Namun perlu diketahui bahwa pemakaian pemutih gigi yang tidak cocok justru akan membuat gigi kuning dan memperparah keadaan gigi.

Apa penyebab gigi berwarna kuning?
Sebelum kita membahas bagaimana cara memutihkan gigi, terlebih dahulu kita harus mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan gigi kita berwarna kuning, diantaranya :

  • Malas menggosok gigi atau cara menggosok gigi yang dilakukan tidak benar

  • Terlalu sering meminum kopi dan teh herbal juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning

  • Perokok, efek nikotin membuat gigi menjadi kuning

  • Pemakaian obat tetes mata secara berlebih

  • Sering mengkonsumsi minuman suplemen atau minuman penambah energi

  • Memakai obat pemutih gigi yang tidak cocok.
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


Jika gigi anda berwarna kuning, berarti anda sering melakukan kebiasaan buruk seperti yang sudah disebutkan di atas.

Tips Memutihkan gigi:



  • Rawatlah gigi sebelum pewarnaan bertambah parah, karena pada dasarnya gigi kita berwarna putih alami. Hindari makanan atau minuman yang dapat mengubah warna gigi.

  • Sikat gigi setiap kali selesai makan, atau minimal dua kali sehari.

Nah, jika Anda sudah melakukan tips memutihkan gigi di atas, namun masih saja gigi Anda berwarna kuning, maka mungkin cara memutihkan gigi di bawah ini cocok buat Anda:

Cara Memutihkan gigi Secara Alami:



  1. Memutihkan Gigi dengan Apel.Buah apel dapat bermanfaat sebagai sikat gigi alami dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya sangat mudah hanya dengan mengkonsumsi buah apel, sebab ketika anda mengunyah apel maka gigi akan bergesekan dengan buah apel tersebut dapat juga untuk mengangkat noda tanpa merusak gigi. Selain membantu memutihkan gigi, mengkonsumsi buah-buahan secara rutin juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  2. Memutihkan Gigi dengan Baking Soda
    Baking soda juga sudah terbukti ampuh mampu memutihkan gigi secara alami, hanya saja bahan ini juga bisa merusak gigi jika terlalu sering menggunakannya. sebaiknya gunakan baking soda satu atau dua bulan sekali dengan cara menyebarkan baking soda ke seluruh permukaan gigi lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit, setelah itu sikat gigi sampai bersih

  3. Memutihkan Gigi dengan Biji asam
    Caranya ambillah biji buah asam cuci sampai bersih, Sangria atau goreng biji tersebut tanpa minyak, Setelah biji matang tumbuklah hingga halus gosokan serbuk tersebut ke seluruh permukaan gigi kita seperti halnya kita menggosok gigi setiap harinya.

  4. Memutihkan Gigi dengan Biji Pinang.Biji pinang ternyata juga sangat ampuh untuk memutihkan gigi, cara menggunakannya anda cukup menyiapkan satu biji pinang lalu bakarlah biji tersebut hingga seperti arang, setelah itu haluskanlah arang tersebut lalu gosokkan ke gigi secara menyeluruh dengan sabut pinang maupun dengan kain katun. lakukan cara memutihkan gigi ini secara teratur yaitu 2 minggu sekali agar gigi tetap putih

  5. Memutihkan Gigi dengan Daun Salam
    Siapkan enam lembar daun salam lalu jemur sampai kering, setelah itu remas hingga halus atau sampai menjadi bubuk dan campurkan dengan kulit jeruk bubuk. cara mengunakannya cukup oleskan campuran daun salam bubuk dengan kulit jeruk bubuk tadi ke gigi anda

  6. Memutihkan Gigi dengan Keju.
    Produk fermentasi dari susu seperti keju dan yoghurt dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi, sebab mengandung kalsium yang dapat menguatkan gigi dan memutihkan gigi pula. Caranya hanya dengan rutin mengkonsumsi susu, keju atau yoghurt setiap hari.

  7. Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk.Siapa yang menyangka, kulit jeruk yang biasa kita buang begitu saja ternyata juga bermanfaat. Kulit jeruk dapat kita gunakan untuk merawat gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

  8. Memutihkan Gigi dengan Lemon.
    Lemon, selain baik untuk mencerahkan kulit wajah, bisa juga diaplikasikan pada gigi anda, yaitu perasan lemon dioleskan pada gigi anda dan tunggu beberapa saat sebelum menyikat gigi.

  9. Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu.Aneh memang, memutihkan gigi dengan benda yang jelas-jelas berwarna hitam. Cara ini memang termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi lakukan sewajarnya saja.

  10. Memutihkan Gigi dengan Memakai Siwak.Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

  11. Memutihkan Gigi dengan Stroberi.Kandungan asam malat yang terdapat pada buah stroberi dapat membantu mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan menumbuk satu buah stroberi matang lalu menggosokannya pada gigi, diamkan selama 5-10 menit , kemudian sikatlah gigi anda menggunakan pasta gigi. Namun perlu anda perhatikan bahwa penggunaan buah stroberi untuk memutihkan gigi tidak boleh dilakukan dengan sering, sebab kandungan asamnya dapat merusak email gigi.

  12. Memutihkan Gigi dengan Wortel.
    Kandungan yang dimilikinya dapat menghilangkan plak dan memutihkan gigi saat kita mengunyahnya.

Demikianlah 12 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar