6 Cara aman cerahkan kulit usai liburan

6 Cara aman cerahkan kulit usai liburan

Anda sering berjemur di terik matahari tapi takut kulit jadi gelap? Mungkin cara ini bisa menghilangkan kekhawatiran Anda.

Berlibur memang mengasyikkan, bermain pasir, berenang hingga matahari terbenam, atau bermain sepeda keliling tempat wisata. Tapi bila harus mengurus kulit yang terbakar dan menggelap sesudahnya, bisa menimbulkan keresahan saat ingin bersenang-senang. Dan, semua yang tadinya bakal menyenangkan, malah repot diliputi rasa khawatir hingga akhirnya mengurangi kesenangan Anda dalam menikmati liburan. Sebenarnya, semua itu bisa diatasi. Tak perlu khawatir berlebihan, silakan bersenang-senang bermain air dan berjemur di bawah matahari, tapi sesudahnya lakukan hal-hal berikut:

  1. Usai beraktivitas di air laut atau air kolam, bilas badan dengan air bersuhu normal. Jangan pernah membilas dengan air hangat, karena dapat menyebabkan kulit kering dan menimbulkan iritasi.  Lanjutkan dengan mengoleskan aftersun lotion. Jangan ditunda. Sebab, cara ini adalah yang terbaik untuk menetralkan serta mendinginkan kulit yang mulai stres akibat berpanas-panasan di bawah terik matahari dan terpapar udara lembab. Diamkan sekitar 10 menit sebelum Anda mandi.

  2. Saat mandi, gunakan sabun mandi dan lotion yang mengandung efek cooling seperti menthol. Lanjutkan dengan mendinginkan kulit dengan mengompresnya menggunakan mentimun segar. Cara ini bisa mencegah inflamasi pada kulit, dan mendinginkan kulit yang stres karena terpapar sinar matahari.

  3. Memang di saat liburan, kita ingin semua barang bawaan ringkas, dan urusan merawat wajah tak perlu repot. Tapi sempatkan minimal sekali saja melakukan masker wajah dengan memilih jenis masker yang bersifat soothing. Cukup luangkan waktu selama 8-10 menit agar nutrisi di dalam masker meresap ke dalam sel kulit. Bila Anda melakukannya sekali saja, maka kulit Anda akan berterima kasih sepulang Anda berlibur. Selain terhindar dari luka bakar, kulit yang ternutrisi dengan tepat juga akan terhindar dari masalah khas pasca liburan seperti: kering, dehidrasi, kusam, mengelupas, dan perih karena bagian yang sensitif mendapatkan perlindungan lebih. Coba pilih yang mengandung ekstrak akar tumbuhan Morus Alba  yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit sekaligus memberi nutrisi yang diperlukan oleh kulit stres akkibat terpapar sinar matahari seharian. Salah satu masker yang mengandung akar morus alba yang bisa dicoba adalah Olay White Radiance Fairness and Soothing Mask.

  4. Sepulangnya di rumah, rutinlah melakukan scrub dengan produk yang mengandung madu. Sebab madu dapat membantu meluruhkan kulit mati dengan lebih lembut serta mengurangi peradangan di kulit akibat sinar matahari yang mungkin baru muncul dan terasa beberapa hari usai berlibur.

  5. Jangan lupa menggunakan lotion yang mengandung SPF setiap harinya, dan pilih lotion yang mencerahkan atau berlabel whitening untuk dipakai saat tidur untuk mempercepat proses pemulihan rona kulit.

  6. Bila ingin rona kulit kembali seperti sedia kala dengan lebih cepat lagi, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C 1000mg dan vitamin E secara teratur. Tak sampai 3 minggu kulit akan kembali lagi seperti semula. (Yahoo! Celebrity)


[caption id="attachment_89" align="alignnone" width="630"]6 Cara aman cerahkan kulit usai liburan 6 Cara aman cerahkan kulit usai liburan[/caption]

Demikianlah 6 Cara aman cerahkan kulit usai liburan, semoga Anda tidak khawatir berjemur lagi.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

salah satu resiko berada di bawah sinar matahari adalah kulit menjadi hitam hehe

Balas

Tips nya cocok banget buat para penggemar traveling yg "akrab" sama terik matahari :D

Balas