image
Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya

Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya

Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya - Jika Anda pernah salah menempatkan smartphone Anda, Anda pasti tahu betapa sulitnya menemukan handphone yang hilang itu. Jadi jika Anda menemukan handphone yang hilang, maka Anda harus mengembalikannya sesegera mungkin kepada pemiliknya.

Namun, kebanyakan orang mengunci layar ponsel mereka untuk keamanan, jadi ketika Anda perlu melacak pemiliknya, Anda tidak bisa begitu saja menyalakan aplikasi Kontak dan menelepon teman atau keluarganya. Jika mereka tidak mencetak nama dan alamat mereka dengan huruf besar di bagian belakang ponsel, Anda harus mengandalkan metode lain untuk mengembalikan telepon yang hilang tersebut kepada pemiliknya. Berikut ini beberapa tips Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya.

Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya

Periksa area sekitarnya


Jadilah detektif, coba periksa area tempat menemukan ponsel tersebut, mungkin Anda akan menemukan dompet atau jaket yang bisa membantu Anda melacak kontaknya. Jika menemukan,  mungkin ada kartu nama, kartu kredit, atau petunjuk lain yang akan membantu mengidentifikasi pemilik ponsel tersebut

Saat Anda memeriksa area tersebut, apakah Anda melihat ada orang yang terlihat sedih karena ponselnya yang hilang? Memeriksa orang-orang di sekitar merupakan cara tercepat untuk menemukan si pemilik ponsel, dan ini juga memastikan Anda tidak sengaja mencuri handphone seseorang. Pemilik juga mungkin akan bergegas kembali ke tempat tersebut untuk mencari telepon mereka, jadi jika Anda punya waktu, tunggulah sebentar.

Biarkan Handpone menyala

cara mengembalikan handphone yang hilang
cara mengembalikan handphone yang hilang


Sebelum Anda mulai mengutak atik layar yang terkunci, pastikan telepon tersebut tetap aktif dan baterai terisi daya. Anda harus menyerahkannya karena pemiliknya kemungkinan akan menemukan handset lain dan menghubungi nomornya sendiri sesegera mungkin. Dengan cara ini, Anda bisa langsung menemukan pemiliknya.

Kalau handphone tersebut lowbat, pasti pemiliknya tidak bisa menghubunginya. Asal jangan Anda sengaja mematikannya :D . Meskipun Anda tidak menemukan pengisi daya di sekitar handphone yang hilang, Anda dapat menggunakan charger Anda sendiri atau charger yang cocok, atau milik teman. Jika Anda tidak memiliki charger yang kompatibel, belikan dengan harga yang murah, dan pemilik aslinya mungkin akan mengganti uang Anda. Jika handphone mati total, coba pelajari 3 Cara Ampuh mengatasi HP Android yang mati total.

Pelajari layar kunci dengan baik


Jika pemilik handphone yang hilang telah menyimpan rincian kontak darurat di ponsel mereka, Anda dapat mengakses kontaknya dari layar kunci. Pada perangkat iOS, ketuk Emergency di pojok kiri bawah, lalu pilih Medical ID. Jika Anda menemukan hanphone Android, ketuk Emergency kemudian Emergency Information. Jika Anda melihat kontak darurat yang tercantum di situ, hubungi mereka untuk mencari tahu handphone siapa yang Anda temukan.

Tanya digital assistant


Secara default, iOS dan Android dapat diakses digital assistennya - Siri dan Google Assistant - langsung dari layar yang terkunci (kecuali pemilik ponsel telah menonaktifkan fitur ini).

Untuk mendapatkan digital assistant di iPhone selain X, tekan dan tahan tombol Home (untuk iPhone X, tekan dan tahan tombol Power sebagai gantinya). Di Android, ketuk dan tahan di pojok kiri bawah layar (di mana ikon mikrofon terletak) lalu seret jari Anda ke tengah layar.

Setelah Anda mengakses Siri atau Google assistant, coba menelpon dengan mengatakan "ibu", "ayah", atau perintah lain yang mungkin mengakses salah satu kontak pemilik telepon. Siri juga memiliki trik yang tidak dimiliki Google Asisten: Tanyakan "telepon siapakah ini?" untuk memunculkan rincian kontak bagi pemiliknya.

Mengambil foto ponsel tersebut


Jika Anda telah kehabisan ide, untuk menemukan pemilik ponsel yang hilang, Anda bisa melakukan kreatifitas, Misalnya, pemilik handphone tersebut mungkin memiliki semacam sistem backup foto dan video. Ini berarti semua gambar dan film yang ada di HP akan disinkronkan ke cloud - dan ke perangkat lain pemiliknya.

Anda biasanya dapat mengakses kamera ponsel cerdas dari layar kunci: Untuk iOS, gesek ke kiri; Untuk Android, ketuk ikon kamera di pojok kanan bawah dan seret ke tengah layar. Jika foto disinkronkan ke sistem cadangan pemilik ponsel, maka dia dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Tetapkan pengingat


Dengan cara yang sama, Anda dapat menggunakan Siri atau Google Asisten untuk memberi pengingat sehingga pemilik handphone dapat melihatnya dari perangkat lain. Untuk iOS, tekan dan tahan Home (Untuk iPhone X, tahan tombol Power); Untuk Android, ketuk dan tahan ikon mikrofon di kiri bawah lalu gesek ke atas. Saat asisten aplikasi muncul, katakan, "Tetapkan pengingat untuk 2 pm setiap hari untuk menelepon ..." dan kemudian nyatakan nama dan nomor Anda.
Jika pemilik telepon masuk ke akun Apple atau Google mereka di perangkat lain, mereka seharusnya memiliki akses ke pengingat mereka di sana. Dalam hal ini, mereka akan melihat catatan yang Anda tinggalkan tadi setiap hari. Setelah itu, terserah mereka, apakah ingin menghubungi Anda atau tidak.

Demikianlah Cara mengembalikan handphone yang hilang kepada pemiliknya, semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar